Headlines News :
Home » » Cara Membuat Sampul Buku Cantik

Cara Membuat Sampul Buku Cantik

Written By Endy School on Kamis, 05 Mei 2011 | 04.58


Halo teman-teman, aku akan memulai Ramadhan Tutorial Project, dengan sebuah tutorial sederhana ini. Oya, sebelumnya selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan ya. Aku sebenernya udah sering banget bikin sampul macam ini, karena aku senang sekali menyelipkan sesuatu di saku dalamnya. Nah untuk sampul yang aku buat kali ini, khusus untuk buku kas yang biasanya selipannya lebih banyak karena ada berkas-berkas bon pengeluaran, faktur penitipan barang, dst. Biar semua itu ga berceceran, sampul kali ini aku beri banyak saku. Di cover depan, belakang juga dalamnya.

Pertama-tama, siapkan dulu buku yang akan disampuli dan juga kain-kain yang akan dipergunakan. Beberapa jenis dan kombinasi akan lebih baik.

Setelah itu, ukurlah keliling buku, kemudian tingginya. Bisa diberi lebih 0.5 cm dari ukuran aslinya untuk memberi sedikit ruang dan biar nanti pas bukunya dimasukan ke sampul tidak terlalu sulit. Setelah ketauan ukuran keliling, tambahkan minimal setengah panjang buku, di kiri dan kanan untuk bagian saku dalam.

 Potong kain corak lain seukuran keliling buku dan tinggi setengah tinggi buku, untuk saku bagian luar.

Jahit saku bagian luar terlebih dulu pada kain sampul.  Demikian pula tutup saku. 

Setelah saku luar dijahit di kain sampul, hasilnya akan tampak seperti pada foto di atas.


 
Sebelum menggabungkan lipatan saku sampul bagian dalam dengan sampul bagian luar, potong kain corak lain dengan ukuran selebar ruang antara saku sampul dalam bagian kiri dan kanan dengan dilebihi beberapa cm. Seperti tampak pada foto.


 
Sebelum lipatan disambungkan, balikkan kain, lalu lipat saku saku sampul bagian dalam kiri dan kanan ke dalam, setelah itu, bidang antaranya di tutup oleh kain yang tadi di potong untuk menutupi tengah-tengahnya. Garisi dengan menggunakan kapur jahit, sesuai dengan ukuran buku, biar nanti pas menjahitnya ga bengkok-bengkok. Kemudian jahit bagian atas dan bawahnya saja.


 
Setelah di jahit hasilnya akan seperti ini. 


 
Setelah di balik maka hasilnya terlihat seperti ini.


 
Maksukan sampul buku ke dalam sampul yang sudah selesai di jahit. 



Masukan berkas-berkas ke dalam saku-saku yang ada di sampul bagian luar.



Selain tidak tercecer, berkas akan tersimpan lebih rapi.


 

Selama mencoba ya..:) Selamat berbuka puasa juga..
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

English French Spain Italian Dutch Russian Japanese Korean Chinese Simplified
 
Alamat : Tanjungkait,buaran asem ,MAUK-TANGERANG tlp 08561057818
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. ENDY BOOK - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template